Sunday, July 7, 2013

Macam-macam penamaan jalan di Amerika (Street Suffixes in the U.S.)

Di Indonesia, yang namanya jalan ya rata-rata "jalan." Namun di Amerika yang namanya jalan bisa bermacam-macam, ada street, road, avenue, boulevard, drive, lane, court, terrace, dll. Meskipun pada kenyataannya, sehari-hari kadang orang juga hanya menyebut street. Selain itu, tidak perlu khawatir apabila kita salah menuliskan "penamaan jalan/ sufiks-nya jalan" di alamat yang kita tuju, karena petugas pos biasanya lebih memperhatikan nama jalannya daripada sufiksnya. 

Peraturan tentang penamaan jalan itu bisa berbeda antara negara bagian yang satu dengan lainnya. Lalu apa saja arti dari macam-macam penamaan/ sufiks jalan tersebut? Pada umumnya perbedaannya adalah sebagai berikut:

Street (St) :
Nama jalan besar dua arah yang sering digunakan di perkotaan, memiliki trotoar yang lebar dan biasanya dikelilingi oleh perumahan atau gedung-gedung. Di New York, Minneapolis, dan Seattle istilah street digunakan untuk jalan yang melintasi arah timur-barat.
Street










Road (Rd) :
Hampir sama dengan street, namun biasanya mempunyai fungsi sebagai penghubung dua kota.
Road









Avenue (Ave) :
Jalan lurus yang terdiri dari 2 arah berlawanan tanpa taman kecil di antara dua arah berlawanan tersebut, di masing-masing tepi jalan biasanya terdapat pepohonan, tanpa tempat untuk parkir. Di New York, avenue digunakan untuk nama jalan yang melintasi arah utara-selatan.
Avenue








Boulevard (Bl) :
Jalan besar yang terdiri dari 2 arah berlawanan dan masing-masing arah memiliki beberapa jalur, rata-rata 2 jalur; diantara 2 arah tersebut terdapat taman kecil dengan pepohonan. Di pinggir jalan tersebut biasanya diperbolehkan untuk parkir. Truk berkapasitas 5 ton lebih biasanya tidak diperbolehkan lewat.
Boulevard










Drive (Dr) :
Jalan besar dua arah berlawanan, dengan masing-masing 2 jalur atau lebih, dan mempunyai ciri khas yaitu mengikuti kontur bukit, danau, atau kondisi alam lainnya. Misalnya, Lake Shore Drive di Chicago yang mengikuti garis tepi danau Michigan, dan Skyline Drive di San Francisco.
Lake Shore Drive Chicago












Lane (Ln) :
Biasanya digunakan untuk jalan kecil atau yang lebih sempit di daerah countryside.
Lane









Court (Ct):
Jalan yang lebih pendek dan lebih kecil di antara jalan utama di perkotaan.







Terrace (Ter):
Jalan yang di sekitarnya terdapat perumahan yang berjajar sepanjang jalan tanpa lahan pemisah di antara perumahan tersebut.

0 comments:

Post a Comment