Friday, March 15, 2013

Menukar dollar koin ke dollar kertas tunai

Punya banyak koin receh kembalian belanjaan dan pengen dituker ke dollar kertas? Kita bisa menukarnya melalui beberapa cara berikut:

BANK
Bila kita punya rekening di suatu bank. Kita tabungkan terlebih dahulu dan selanjutnya kita bisa ambil melalui mesin ATM ataupun secara langsung dari teller. Tidak dikenakan biaya apapun. Tidak perlu khawatir menghitung uangnya, karena mereka memang punya mesin penghitung koin.

Namun, bila kita tidak punya rekening di suatu bank. Biasanya bank-bank di sini menerima jasa penukaran koin tetapi kita kena jasa penukaran sejumlah biaya tertentu tergantung kebijakan bank tersebut dan jumlah uang yang kita tukarkan. Untuk melakukan transaksi penukaran ini, kita perlu memperlihatkan kartu identitas kita.

Adapula cara lain tanpa perlu jadi nasabah, dengan mendatangi bank tertentu kita akan diberi gulungan kertas yang kosong untuk kita isi dengan koin yang satuan dan jumlahnya sesuai dengan yang tertera di gulungan kertas tersebut (¢1, ¢5, ¢10, ¢25). Bila sudah tertata rapi, kita bisa menukarnya ke bank tanpa dipungut biaya apapun. Gulungan kertas bisa juga kita beli sendiri dari toko seperti Dollar Tree dan Family Dollar, sehingga kita bisa membungkusnya di rumah dan nantinya tinggal ditukarkan ke bank.
Coin rolls
GROCERY STORE 
Beberapa grocery store seperti Walmart, Dominick’s, Jewel Osco, CVS, dll, menyediakan mesin Coinstar untuk jasa penukaran uang koin. Biasanya mesin ini diletakkan dekat kasir.
Coinstar Machine

1. Pilih bahasa pengantar yang diinginkan (Inggris atau Spanyol)

    

2. Pada pilihan selanjutnya pilih CASH IN COINS.

    

3. Selanjutnya pilih CASH VOUCHER.

    

4. Baca syarat dan ketentuan: kita kena biaya sebesar 9.8 cents per dollar yang terhitung (di AS) atau 11.9 cents (di Kanada). Tidak semua koin dapat terhitung, biasanya dikembalikan di tempat pengeluaran. Setelah dibaca, klik ACCEPT.
     

5. Tuangkan koin ke baki pemasukan koin dan bantu masukan koin ke dalam mesin.

       

6. Setelah memasukkan semua koinnya, cek berapa jumlah koin yang terhitung di layar mesin. 

7. Cek koin yang tidak terhitung dan dikembalikan ke tempat pengeluaran, coba masukkan lagi ke dalam baki koin, bila memang koin dikeluarkan lagi, berarti memang koinnya tidak bisa dihitung.

    

8. Cek kembali jumlah uang yang terhitung di layar, bila sudah selesai, klik DONE.

    

9. Bila jumlah uang yang terhitung lebih dari $5, maka akan muncul pilihan/ tawaran untuk merubah pilihan voucher di awal (tetap cash voucher atau gift card/ e-certificate). Gift card atau e-certificate merupakan voucher belanja di grocery store setempat atau tempat lainnya yang menerima kartu tersebut. Bila tidak ada perubahan pilihan, klik konfirmasi CASH VOUCHER. 

    

10. Selanjutnya muncul tampilan untuk memasukkan alamat e-mail. Bila kita ingin mendapat info atau penawaran khusus dari coinstar, kita bisa memasukkan alamat e-mail kita terus klik OK. Bila tidak, silakan klik SKIP. 

    

11. Saat voucher uang kita dicetak, perhatikan petunjuk di layar mesin tentang bagaimana kita menguangkan voucher tersebut, biasanya kita bisa menguangkannya di bagian kasir atau customer service. Voucher tersebut harus diuangkan pada hari yang sama.
   
12. Ambil voucher uang atau kartu belanja kita dari tempat pengeluaran. 
     

13. Jangan lupa untuk mengecek kembali tempat pengeluaran koin yang tidak terhitung, barangkali ada yang tertinggal.

14. Tukarkan koin di tempat sebagaimana petunjuk dari mesin Coinstar (di kasir atau costumer service)

Untuk mengetahui lokasi mesin Coinstar terdekat, kita bisa mencarinya dengan memasukkan kode pos tempat tinggal kita di tautan ini.

Bila ada info tentang cara penukaran lainnya, bisa dimasukkan ke dalam komentar di bawah ini. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment