Sunday, April 7, 2013

Di mana kita bisa bikin duplikat kunci?

Dulu waktu masih tinggal di Indonesia rasanya lebih mudah menemukan tukang duplikat kunci. Biasanya mereka nangkring di lapak-lapak pinggir jalan. Nah kalo di Amerika? Hampir tidak pernah melihat "lapak" yang khusus menawarkan jasa tersebut.

Di Amerika, servis duplikasi kunci menjadi salah satu bagian dari suatu toko swalayan yang menjual alat-alat pertukangan dan bahan bangunan. Tapi tetap, untuk duplikasi kuncinya ada operator tersendiri. Salah satu toko yang menawarkan servis duplikasi tersebut yaitu Ace Hardware. Toko swalayan ini  sudah eksis sejak tahun 1924 dan berbasis di Oak Brook, Illinois. Oh ya, Ace Hardware juga merupakan salah satu toko yang mempunyai sistem waralaba multinasional. Hal yang membuat saya terkejut, ternyata toko Ace Hardware yang terluas di dunia ini ada di INDONESIA lho, di Living World Mall Alam Sutra, Tangerang, dan sekarang sudah banyak gerai Ace Hardware di kawasan lainnya di Indonesia.

Tak semua kunci dapat diduplikasi, misalnya kunci yang butuh lisensi tertentu seperti kunci pintu masuk gedung apartemen. Untuk menemukan toko Ace Hardware terdekat dengan lokasi kita, bisa dicari lewat locator.



0 comments:

Post a Comment